Pengertian Sejarah Sosial dan manfaatnya dalam Historiografi Sejarah


                   Sejarah Sosial merupakan suatu bagian dari ilmu sejarah yang dikelompokkan berdasarkan pembagian sejarah secara sistematis yaitu pembagian sejarah atas beberapa tema atau pokok permasalahan, yang merupakan pengelompokkan dari ilmu sejarah sesuai dengan peranan  dan kedudukan sejarah sebagai suatu peristiwa.Untuk lebih jelas dapat dilihat seperti bagan berikut ini:         
   Sejarah Sosial berasal dari dua kata yaitu Sejarah dan Sosial. Adapun pengertian Sejarah merupakan ilmu yang mempelajari tentang peristiwa masa lampau dalam ruang dan waktu mengenai perkembangan manusia yang terdapat aktivitas manusia sehingga mengakibatkan terjadinya perubahan pada peradaban umat manusia  yang di dalamnya terdapat proses interaksi atau hubungan yang berkesinambungan antara masa lampau, masa kini dengan masa yang akan datang. Sedangkan yang dimaksud dengan Sosial dapat diartikan sebagai suatu kemasyarakatan maupaun karakteristik dari masyarakat itu sendiri.
      Jadi, Sejarah Sosial adalah Sejarah yang menggunakan
ilmu-ilmu sosial yang mengkaji tentang struktur (bagian-bagian) dan proses interaksi (hubungan timbal balik) antar manusia sebagai pelaku sejarah sebagaimana telah terjadi dalam konteks sosio kultural pada masa lampau.  sejarah sosial merupakan kajian kemasyarakatan, maka metode analisisnya memakai pendekatan multidisipliner, yakni pembahasan sejarah dengan dibantu ilmu sosial lain seperti Sosiologi, Antropologi, Ekonomi, Politik, Hukum, Psikologi dan masih banyak ilmu lainnya.
     Cakupan sejarah sosial sangat luas dan mendetail, ruang lingkupnya bisa mencakup kehidupan sehari-hari penghuni sebuah kawasan di masa lampau: ini meliputi manusia dan juga hubungan ekonomi dari berbagai kelas yang berbeda, ciri-ciri dari kehidupan keluarga dalam rumah tangga, kondisi ketenagakerjaan dan aktivitas lainnya, sikap manusia terhadap alam, budaya dari masing-masing zaman yang muncul dapat dilihat dalam bentuk agama,kepercayaan, literatur, arsitektur, pembelajaran, dan pemikirannya.
    Historiografi atau penulisan sejarah dalam ilmu sejarah merupakan titik  puncak seluruh kegiatan penelitian sejarah. Historiografi sejarah berfungsi untuk membuktikan legitimasi sejarah sebagai suatu bentuk disiplin ilmiah. Manfaatnya sejarah sosial dalam historiografi sejarah yaitu sejarah sosial menyediakan data-data yang mendukung atau di perlukan guna penulisan sejarah. Hal ini di karenakan sejarah sosial berisikan data-data tentang kehidupan manusia baik itu ciri-ciri kehidupan, kondisi, budaya, kepercayaan, literatur, arsitektur, pembelajaran dan pembelajarannya yang dapat diambil idenya oleh Historiograf dan menginterprestasinya dalam bentuk tulisan.

1 comment: